Rss Feed
Facebook button
Tweeter button
Plurk button
Koprol button
Google Buzz button
Technorati button
Reddit button

Sejarah

Filed in Kegiatan 3 comments

Prolog

Tahun 1950

Fakultas Teknik Universitas Indonesia Bandung membuka pendidikan Insinyur Fisika (Natuurkundig Ingenieur). Ketua Bagian Fisika Teknik : Prof. Dr. Ir. A. Nawijn (alumni Techische School Delft), Ir. Go Pok Oen sebagai asisten akademis (asisten ahli) dan staf pengajar asal Belanda.

Kehadiran bagian Fisika Teknik tidak disertai pengumuman dan penerangan luas, sehingga kurang diketahui masyarakat. Akibatnya, bagian Fisika Teknik sedikit sekali menarik perhatian mahasiswa baru di tahun-tahun pertamanya.

Tahun 1952

Jumlah mahasiswa Fisika Teknik meningkat hingga mencapai 25 orang.


HMFT Lahir

Tahun 1953

Jumlah mahasiswa Fisika Teknik kian banyak, sehingga dirasa perlu adanya sebuah himpunan. Pada tanggal 17 Desember 1953 dibentuk panitia penyusun AD/ART HMFT.

Tahun 1954

1 Januari
AD/ART selesai disusun.

6 Januari
AD disahkan rapat anggota.

20 – 26 Februari
ART disahkan oleh anggota.

1 – 9 Maret
Pembentukan pengurus HMFT.

  • Ketua : Soemantri
  • Wakil : Soewardi
  • Panitera : Moh. Iskandar
  • Bendahara : Sri Widatoen
  • Komisaris : Soemarno Pranoto

Jumlah Anggota HMFT : 21 orang

Tahun 1955

Krisis tenaga pengajar : sebagian besar dosen (termasuk A. Nawijn, ketua jurusan) pulang ke Belanda. Pimpinan fakultas memutuskan bagian FT tidak menerima mahasiswa sebab tidak mungkin mahasiswa FT meneruskan pendidikannya (kecuali jika belajar ke luar negeri). Meskipun demikian, Soemantri lulus sebagai insinyur Fisika pertama di Indonesia.

21 Februari
Pemilihan pengurus baru HMFT

  • Ketua : Moh. Iskandar
  • Panitera : Sriati Soerasno
  • Anggota kehormatan : Ir. Soemantri

Jumlah Anggota HMFT : 16 orang

HMFT memutuskan menolak Prof. Dickinson (Ketua Jurusan Fisika FIPIA) yang akan ditunjuk sebagai ketua bagian Fisika Teknik oleh pimpinan Fakultas Teknik Bandung.

Tahun 1956

Prof. Dickinson tetap jadi caretaker ketua jurusan karena minimnya staf pengajar di Fisika Teknik (Ir. Go Pok Oen dan Ir. Soemantri). Peralatan laboratorium, peralatan laboratorium, fasilitas dan kekuasaannya dipindahkan ke Physical Departement FIPIA. It is impossible to finish our study. Fisika Teknik terancam bubar, mahasiswa diberi pilihan :

  1. melanjutkan studi ke luar negeri
  2. pindah ke bagian Elektro Teknik
  3. pindah ke jurusan Fisika Experimentil FIPIA

2 September
HMFT memutuskan untuk mempertahankan bagian Fisika Teknik dan tetap memperjuangkan diteruskannya pendidikan Fisika Teknik yang asli. Sikap ini disampaikan oleh segenap rapat anggota kepada pimpinan Fakultas Teknik.

  • Ketua : Pietojo Soekarbowo
  • Panitera : Soemarmo Pranoto

Jumlah Anggota HMFT : 6

  • Sriati Soerasno
  • Djali Ahimsa
  • Sri Widatoen
  • Moh. Iskandar
  • John A. Sanger
  • Soleh

Mereka bertahan menyelamatkan pendidikan Fisika Teknik.

Kebangkitan Kembali

Tahun 1957

Pimpinan Fakultas Teknik membuka kembali Bagian Fisika Teknik. Ir. Go Pok Oen, guru besar (seusai tugas belajar ke Amerika Serikat). Pengajar baru : Ir. Soebekti (Technische Natuurkunde TH Delft) dan Ir. Soewardi. Januari 1957 dibuka pendaftaran mahasiswa baru Fisika Teknik. Dua belas orang mendaftarkan diri : Aldy Anwar, Tarti Tjanang (keluar), Koesnowedi, Bambang Permadi, RM Soegijanto, Mahsun Irsjam, Asnawi Hasan, Hadisoesilo, Prajitno Anwar, Jacob Mawilos (pindah ke Bagian Elektro), Joto dan Eka Sumanta.

27 Maret
Rapat Kilat HMFT memutuskan untuk memprotes Prof. Dickinson (sebab telah menghina Fisika Teknik) dan menuntut agar bagian Fisika Teknik berdiri sendiri dengan pimpinan sendiri dan fasilitas-fasilitas ruangan khusus yang layak.

Bulan April
Bagian Fisika Teknik kembali memiliki otonomi. Prof. Ir. Soetedjo (Ketua Fakultas Teknik) sebagai Pejabat Ketua Umum dibantu Ir. Soewardi sebagai Pembantu Ketua Bagian. Fisika Teknik akhirnya memiliki ruangan-ruangan sendiri.

Bulan September
Ir. Go Pok Oen kembali dan langsung menjabat sebagai Ketua Bagian Fisika Teknik.

CATATAN
Mungkin pembaca akan bertanya, sesudah drama tahun 1954 ~ 1957, bagaimana kelanjutan sejarah HMFT ? Sayang sekali tidak ada yang diketahui sebab tidak ada data. Padahal, pada tahun-tahun sesudahnya banyak peristiwa penting yang sedikit banyak melibatkan mahasiswa. Seperti misalnya peristiwa Tritura (1966), Peristiwa 1978, Pembubaran Dewan Mahasiswa – ITB (1980). Namun tidak ada data tentang bagaiman kejadian, keadaan dan peranan HMFT dalam kejadian-kejadian bersejarah tersebut.

Meskipun demikian, bagi HMFT kejadian yang paling tegang, mencekam dan bernilai sejarah paling tinggi adalah drama 1954 – 1957, yaitu ketika sebuah Himpunan Mahasiswa berhasil mempertahankan Bagiannya (Jurusannya) dari ancaman pembubaran. Bayangkan bagaimana jadinya jika pada tahun tersebut Bagian Fisika Teknik setuju dibubarkan ?

Sekedar tambahan, beberapa kejadian penting di ITB, Jurusan Fisika Teknik dan HMFT :

Tahun 1959

Tanggal 2 Maret, ITB diresmikan oleh Presiden Soekarno sebagai perguruan tinggi yang berdiri sendiri, lepas dari Universitas Indonesia.

Tahun 1963

Perubahan struktur departemen di ITB. Bagian Fisika Teknik menjadi bagian dari Departemen Fisika Teknik dan Teknologi Kimia (DFTTK).

Tahun 1966

Lambang tengkorak diciptakan oleh peserta OS. Selanjutnya lambang tersebut jadi lambang tak resmi bagi HMFT.

Tahun 1972

Bagian Fisika Teknik diganti menjadi Departemen Fisika Teknik, dan menjadi salah satu departemen di bawah Fakultas Teknologi Industri.

Tahun 1976

Pada tanggal 29 dan 30 Oktober diadakan seminar “Peranan Air Conditioning dan Refrigation dalam menunjang pembangunan di Indonesia”, diselenggarakan atas kerjasama HMFT dan Departemen Fisika Teknik.

Tahun 1978

Peristiwa 1978

Tahun 1980

Dewan Mahasiswa dibekukan.

Tahun 1989

Krisis Kulker 1989, memperebutkan status kulker antara HMFT dan jurusan. Heredian Yoto, Ketua HMFT mengundurkan diri.

Tanggal 12 April terjadi peristiwa “Jalan Merdeka”. Aksi turun ke jalan terbesar di tahun 80-an melibatkan mahasiswa ITB, UNPAD, dan berbagai perguruan tinggi di Bandung.

Peristiwa 5 Agustus. Aksi mahasiswa memprotes kedatangan Menteri Dalam Negeri Rudini, berbuntut pemecatan dan skorsing massal (dari FT ada 2 mahasiswa dipecat & 5 diskors).

Tahun 1992

Lambang tengkorak hilang.

Seminar dan Pameran HVAC, kerjasama antara jurusan dan HMFT pada tanggal 29 dan 30 September.

Tahun 1994-1995

Terjadi kebakaran di TU Teknik Fisika, HMFT dituduh sebagai pelakunya.

Tahun 2000

Sekre Himpunan sempat akan dipindahkan ke bagian belakang labtek 6. Untungnya HMFT masih bisa menolaknya sehingga sekre HMFT masih di tempat strategis di dekat Plawid.

Tahun 2009

18 April
HMFT terlibat kekacauan dalam perayaan wisuda bulan april

18 Juli
HMFT pertama kalinya tidak mengadakan arak-arakan (khusus wisuda kali ini saja) karena adannya surat keputusan rektorat dan penolakan dari Dekan FTI, Kaprodi (Deddy Kurniadi, Dr.Eng.) dan Bag. Kemahasiswaan TF (Ir. Wisnu Hendradjit, M.Sc.)

Tahun 2010

17 Februari
HMFT menjadi himpunan mahasiswa pertama di ITB yang menggunakan SMS Gateway dalam penyebaran informasinya. Layanan SMS Gateway dibuat oleh Divisi Propaganda dan Informasi (kadiv : Yuniar Gitta Pratama).

HMFT Masa Kini

Sebagai himpunan atau organisasi HMFT memiliki aturan-aturan yang menjadi landasan pelaksanaannya. Landasan pelaksanaan ini berupa AD dan ART yang memuat tujuan dan mengatur segala jalannya “pemerintahan” di HMFT. Saat ini jumlah anggota HMFT sekitar 300-an, jumlah ini terus berubah karena HMFT merupakan organisasi yang mengalir, setiap kali ada yang masuk dan setiap kali ada yang keluar. Harapan HMFT adalah harapan kita semua, semoga kita dapat belajar dan mengembangkan diri disini, di HMFT.

Posted by Admin   @   28 January 2009 3 comments
Tags :

Share This Post

RSS Digg Twitter StumbleUpon Delicious Technorati

3 Comments

Comments
Jan 12, 2010
10:54 pm
#1 komting tf-its 09' :

VIVAT TF!

PERTAMAX GAN. hehe

wah sejarah TF sangat mengharukan sekali bagi kami. ini sbagai plajaran buat kita agar terus berjuang.
hidup selalu TF! trus berjuang.

Jan 12, 2010
10:56 pm
#2 komting tf-its 09' :

lambang tengkoraknya keren juga gan . hehhee
ketemu di FKMTF ya !!! oke

Jan 15, 2010
10:36 pm
#3 Yuniar :

sipo kk..!!
BANZAI FKMTF !!!

Leave a Comment

Name

Email

Website

Teknik Fisika

Teknik Fisika  Himpunan Teknik Fisika  HMTF Teknik Fisika  HMFT Teknik Fisika  Forum Teknik Fisika  Fakultas Teknik Fisika  Jurusan Teknik Fisika  Program Studi Teknik Fisika  Keahlian Teknik Fisika  Keprofesian Teknik Fisika  Teknologi Teknik Fisika  Karya Teknik Fisika  Inovasi Teknik Fisika  Sarjana Teknik Fisika  TPB Teknik Fisika  Engineer Teknik Fisika  Insinyur Teknik Fisika 
CrossBlock designed by DeltaManual.Com  |  In conjunction with Web Hosting   |   Web Hosting   |   Reverse phone